business-coach-pekanbaru

Hallo Sahabat sekalian.

Pernahkan Anda melihat atau mendengar tentang penawaran jasa business coaching?

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu? Apakah mereka konsultan?

Yang jelas, bukan.
Lalu apa?

Business coaching menawarkan jasa pendampingan kepada owner atau pemilik bisnis untuk membangun ataupun mengembangkan bisnis yang menguntungkan dan bahkan autopilot. Sering coach diibaratkan seperti pelatih olah raga. Seorang pelatih akan mendampingi, memonitor, dan memastikan Anda melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan agar tujuan tercapai.

Business Coach atau pelatih bisnis lebih menekankan sisi strategi bisnis dibandingkan aspek teknis industri Anda, misalkan: Anda bekerja di percetakan, Anda tentu mengerti tentang warna, jenis-jenis kertas, masalah mesin cetak, dan sebagainya. Ini aspek teknis industri percetakan. Akan tetapi kalau aspek bisnisnya:

  1. Apa Anda sudah punya goal bisnis yang ingin Anda capai?
  2. Apakah Anda paham cara membuat dan membaca laporan keuangan?
  3. Apakah Anda tahu minimal profit yang perlu Anda hasilkan agar bisa tetap bertahan?
  4. Bagaimana mengelola hutang piutang? Agar tidak hanya jago jualan, tapi jago nagih.
  5. Apa strategi yang Anda gunakan untuk menghasilkan prospek baru?
  6. Apa strategi untuk meningkatkan kemampuan Anda mengubah prospek menjadi pembeli?
  7. Apa strategi untuk membuat pelanggan membeli lebih banyak?
  8. Bagaimana caranya membangun tim yang solid?
  9. Bagaimana membangun sistem? dan sebagainya.

Mengapa seorang business coach diperlukan?

Kalau Anda sudah punya bisnis yang berjalan. Tentu Anda tentu tahu rasanya sibuk. Mudah sekali Anda terjebak dalam rutinitas, seperti:

  1. Memesan barang dari supplier,
  2. Mengecek barang yang datang,
  3. Melayani pelanggan,
  4. Mencatat berbagai adminsistrasi,
  5. Menerima keluhan, dan lain-lain.

Belum lagi kalau Anda punya keluarga yang menuntut perhatian Anda.  Rasanya stress dan out of control. Ini tanda-tanda Anda sudah burn out.

Pelatih bisnis berfungsi agar Anda kembali on track, dan keluar dari “mainan roda hamster,” dimana Anda terus berlari tapi tidak kemana-mana. Anda dibimbing langkah demi langkah agar Anda bisa kembali mengontrol bisnis Anda dan bukan sebaliknya. Hingga pada akhirnya Anda bisa mencapai suatu titik Anda bisa mengembangkan, menjual bisnis Anda, kalau mau, menduplikasi bisnis seperti buka cabang ataupun menjual franchise.

Seorang coach sendiri juga kadang juga punya seorang coach lain. Karena dalam menjalankan business coaching-nya ia perlu pihak ketiga yang melihat dirinya dari luar dan mengarahkannya.

Jadi apakah saat ini Anda sudah paham mengenai fungsi adanya seorang business coach? Dan kapan waktu yang tepat menurut Anda untuk menghubungi seorang business coach?

Silahkan klik disini dan Kita akan mendiskusikan banyak hal tentang bagaimana strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda, tentunya dengan didampingi oleh seorang business coach yang profesional.

Terima kasih,

Sampai Jumpa dalam Sesi Coaching yang Penuh Makna.
Robby Cahyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *