konsumen-coaching-robby-cahyadi

Hallo Sahabat Entrepreneur.

Semoga kebahagiaan selalu menyertai Anda.

Pernahkah Anda berfikir sebagai konsumen dalam mencari produk yang benar-benar bisa menjadi solusi bagi kebutuhan Anda?
Adakah Anda memperhatikan ada banyak sekali produk di pasaran sana yang dijual tanpa memikirkan apa sebenarnya yang dibutuhkan konsumen?
Sebagian besar mereka hanya berlomba menciptakan produk atau jasa yang (menurut mereka) paling mutakhir, paling efisien, paling murah, tanpa mereka benar-benar mencari tahu, apa sebenarnya yang konsumen butuhkan?

Di tulisan kali ini saya akan mencoba membuka pemahaman kita semua bahwa bisnis yang pasti sukses itu adalah bisnis yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Sampai disini kita sepakat? OK, teruslah membaca dan nantinya akan banyak lagi hal yang akan membuat Anda menganggukkan kepala 🙂

Pertanyaannya sekarang adalah: Kebutuhan seperti apa yang sedang ingin Anda penuhi?

Kita semua tahu bahwa ide bisnis muncul dari berbagai problem yang ada di tengah masyarakat. Dan dari problem tersebut muncul kebutuhan yang nantinya akan menjadi sebuah peluang bagi penggerak usaha, seperti Anda, untuk menciptakan produk atau jasa sebagai solusi yang menjawab permasalahan tadi. .

Problem ~> Need ~> Oportunity ~> Solution ~> Product/Service

Dan satu-satunya cara agar Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan tersebut adalah dengan melakukan validasi.
Tunggu, kenapa mesti validasi?
Yup, bagi Anda yang ingin mempercepat peningkatan pencapaian bisnis, memang metode validasi pasar harus menjadi kebiasaan baru. Dengan melakukan validasi, maka Anda akan mengantongi data real yang bisa menjadi acuan dalam pengambilan keputusan di dalam bisnis Anda, termasuk keputusan dalam menciptakan produk. Bukan sekedar produk, akan tetapi produk yang menjawab kebutuhan konsumen.

Tidak peduli apapun bidang usaha Anda, berapa pun skala bisnis Anda, namun setiap tindakan hendaklah berdasarkan fakta yang Anda temukan saat validasi di masyarakat. Asumsi-asumsi yang kita miliki hanyalah akan membawa kita terlalu lama atau malah tersesat dalam mencapai tujuan memenuhi kebutuhan konsumen. Dan dengan beranjak dari mendengarkan langsung kebutuhan yang dimiliki konsumen, Anda bahkan bisa menemukan peluang-peluang baru yang bisa menjadikan bisnis Anda semakin dekat secara emotional kepada konsumen.

Bicara mengenai kebutuhan seperti jenis pakaian atau penampilan yang diinginkan, menu atau suasana tempat makan yang dirindukan, atau model pelayanan dan pendidikan yang dibutuhkan, bisa menjadi kekuatan bagi usaha Anda untuk memberikan pemenuhan kebutuhan bagi konsumen, sekaligus membuat konsumen Anda merasa didengarkan.

Tapi kan kita tidak bisa memuaskan kebutuhan semua orang?
Prinsipnya benar demikian. Namun manakala Anda telah mengantongi data hasil validasi kebutuhan pasar, maka seperti yang saya sampaikan sebelumnya, Anda akan memiliki pandangan-pandangan baru sebagai pencerahan bagi arah pengembangan bisnis kedepannya. Entah itu dalam memilih produk yang lebih spesifik, ataupun mengenai niche market. Hasil yang berbeda akan Anda dapatkan dibandingkan menjual produk yang diklaim sepihak sebagai produk yang paling bermanfaat dan memuaskan kebutuhan banyak orang.

Semoga Bermanfaat.

Saya akan sangat senang jika kita bisa mendiskusikan secara lebih detail strategi memenuhi kebutuhan konsumen  ini dengan Anda, baik melalui kolom komentar, atau melalui jalur pribadi seperti mesenjer dan email.

Silahkan klik disini untuk mendapatkan sesi business coaching perdana Anda.

Terima kasih,

Sampai Jumpa dalam Sesi Coaching yang Penuh Makna,

dan Mari Bicara Emotional Marketing.

 

Robby Cahyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *