contoh emotional marketing

Hallo Sahabat UKM yang semakin berhagia.

Banyak sahabat saya yang mulai tertarik dan bertanya-tanya, bagaimana sih sebenarnya bentuk pengaplikasian Emotional Marketing itu? Seperti apa sih contoh Emotional Marketing?

Okey, saya senang sekali karena mulai banyak sahabat UKM yang membicarakan strategi Emotional Marketing. Strategi ini menurut saya sangat cocok diaplikasikan jika Sahabat UKM ingin memenangkan persaingan ditengah perang harga dan juga isu penurunan daya beli yang (katanya) tengah melanda masyarakat kita.

Dengan mengaplikasikan strategi Emotional Marketing dalam kampanye produk atau jasa, maka para calon pelanggan akan merasakan ikatan yang lebih kuat terhadap dirinya dikarenakan strategi Emotional Marketing membangkitkan ego dan keinginan pribadi lainnya yang berkaitan dengan perasaan seperti kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, bahkan kesuksesan.

Well, salah satu contoh materi Emotional marketing yang saya sukai adalah yang ditawarkan oleh mobil Lamborghini Gallardo LP 560-4.

Kenapa menarik?

Yup, mereka dalam konten video komersilnya tidak lagi bicara functional benefit dari produk mereka. Sebagai brand mobil mewah, segala kelengkapan dengan teknologi mutakhir sudah barang pasti mereka miliki, namun apakah ini yang menjadi materi kampanye mereka?

Jawabannya tentu tidak.

Ketimbang bicara fitur produk mobil super canggih, mereka lebih memilih memposisikan mobil mewah mereka sebagai kolektor nomor hp gadis-gadis cantik di kota Anda!

What??

Belum cukup sampai disana, para pengguna mobil seri Gallardo ini tidak hanya akan merasakan nyaman tanpa bosan berkendara, namun saat malam tiba, mobil ini bisa berubah menjadi pass card untuk club-club eksklusif dimana pun Anda berada!

Beneran gitu?

Saya juga gak tahu pasti, belum nyoba sih.. hehe..

Yang jelas, mereka ingin menyampaikan bahwa mobil yang mereka jual mampu menjawab keinginan-keinginan sebagian besar eksekutif yang hidup di tengah gemerlap kehidupan kota besar, tidak hanya menjual fitur.

Hasilnya? Yup, positioning Lamborghini sebagai mobil mewah yang menjadi incaran kalangan kelas atas tidak terbantahkan lagi.

Di artikel selanjutnya saya akan mencoba kupas lebih dalam lagi mengenai strategi Emotional Marketing, dengan contoh yang lebih beragam.

Demikian untuk kesempatan ini, mohon maaf jika ada kesalahan.

Terimakasih,

dan Mari Bicara Emotional Marketing.

 

Robby Cahyadi

Trainer Emotional Marketing

 

Ingin berdiskusi lebih banyak mengenai Bisnis & Emotional Marketing? Ikuti Facebook Page saya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *