trainier marketing pekanbaru

Perubahan yang sangat cepat dibidang teknologi digital, membuat kita sebagai pelaku usaha tak henti-hentinya melakukan inovasi, baik dalam tataran strategi, manajerial, maupun operasional, sehingga kita tetap bisa mengikuti dan tidak tertinggal dengan perkembangan. Persaingan yang semakin sempurna, membuka pasar yang semakin luas sekaligus menjadi tantangan besar agar bisa mengembangkan kekuatan bisnis, tidak hanya bertahan di tengah perubahan.

Itu juga yang menjadi sebagian pembahasan diskusi saya dalam mendampingi Rumah Bermain Bilal, perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan non formal, yang ingin mengembangkan strategi marketing yang mereka miliki ke arah perubahan digital, namun tetap mempertahankan nilai-nilai inti perusahaan yang berpegang teguh pada layanan jasa yang optimal.

Tidak hanya menitikberatkan pada layanan utama, namun juga dalam hal ini tengah mengkaji terbukanya peluang Blue Ocean Strategy bagi pemasaran bisnis mereka agar mendapatkan tempat baru di hati pelanggan, tanpa harus terjebak dalam persaingan bisnis yang berdarah-darah karena adanya perang harga dan fungsi produk lainnya.

Nah, tidak berhenti di strategy blue ocean, namun lebih dalam lagi, pendekatan yang dilakukan juga menyentuh emotional marketing. Kenapa demikian? Harus disadari, memenangkan hati pelanggan tidak kalah penting dengan memperbaiki kualitas layanan bisnis dan memperbaiki fungsi produk itu sendiri. Karenanya, pendekatan emotional marketing sangat mendukung terlaksananya blue ocean strategy untuk menciptakan target pasar yang baru, tidak lagi berkompetisi dengan bisnis kebanyakan yang hanya berbicara fungsi, dan kelebihan produk atau jasa mereka.

Seperti apa pengkombiasian Blue Ocean Strategy dengan Emotional Marketing ini?

InsyaAllaah dalam tulisan selanjutnya akan saya bahas.

Terima kasih,

Sampai Jumpa dalam Sesi Coaching yang Penuh Makna,

dan Mari Bicara Emotional Marketing.

 

Robby Cahyadi

trainier marketing pekanbaru

trainier marketing pekanbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *