emotional marketing volvo robby cahyadi

Hallo Sahabat UKM yang semakin hari semakin berbahagia.

Siapa sih yang tidak pernah dengar merk Volvo?

Yess..

Brand mobil premium asal Swedia, Volvo telah sejak lama dikenal dan bahkan sering dibahas dalam seminar-seminar bisnis dan marketing, dengan positioningnya sebagai mobil paling aman di dunia dan hal itu dibuktikan dengan menggunakan teknologi yang memang didesain untuk memberikan keamanan maksimal bagi pengendaranya.

Memang dalam setiap materi promosinya sejak zaman dahulu, Volvo sangat konsisten mengedepankan fitur utama yang mereka miliki tersebut, sehingga layak memang “keamanan” menjadi nama kedua bagi merk Volvo.

Namun kejutan segar menghampiri saya manakala menonton iklan terbaru mobil Volvo (iklannya sebenarnya gak baru2 amat sih ya). Alih-alih menonjolkan positioningnya yang telah mendarah daging didalam benak masyarakat, mereka justru hadir dengan tampilan emotional yang lebih sexy dan stylish.

Apakah ini sebuah strategi rebranding?

Nah, sebelumnya saya mau klarifikasi mengenai judul yang saya pilih dalam artikel kali ini, “tidak lagi aman” yang dimaksudkan disini tentu merujuk kepada strategi brand image yang ingin disampaikan oleh Volvo. Mereka memilih untuk tidak memunculkan positioning “aman” dalam komunikasinya kali ini.

Tentu tidak tertutup kemungkinan bagi sebuah brand besar untuk melakukan rebranding ataupun repositioning manakala mereka ingin memperlihatkan sebuah ide-ide pembaharuan serta cara berfikir yang out of the box, atau lebih daripada itu, berfikir untuk melibatkan emotional pelanggan lebih mendalam.

Saat “keamanan” merupakan fitur utama yang (mungkin) tidak bisa lagi dipisahkan dari sebuah produk (kendaraan), bisa jadi menurut mereka positioning lama Volvo sebagai mobil dengan tingkat keamanan berkendara yang tinggi sudah tidak emotional lagi. Dan positioning lama hanyalah sebuah fitur.

Volvo seolah-olah terlahir kembali lewat iklan komersil dengan positioning terbarunya dan semakin percaya diri dengan menyentuh secara emosional pasar kelas premium yang memang selama ini menjadi target utama mereka.

Penasaran seperti apa video komersil Volvo yang lebih stylish dan sexy?

Silahkan cek langsung di bawah ini.

Oiya, karena ini iklan video mobil premium, saran saya, settinglah pada kualitas full HD plus audio kualitas terbaik biar lebih kena emotionalnya, hehe.

 


Demikian untuk kesempatan ini, mohon maaf jika ada kesalahan.

Terimakasih,

dan Mari Bicara Emotional Marketing.

 

Robby Cahyadi

Trainer Emotional Marketing

 

Ingin berdiskusi lebih banyak mengenai Bisnis & Emotional Marketing? Ikuti Facebook Page saya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *